Friday 2 September 2016

Dahsyatnya Ad-Dukhan (Asap), Adzab bagi Manusia

           
Sudah diketahui tanda asap dan Dajjal adalah dua tanda dari sekian banyak tanda-tanda kiamat besar. Bahasan ini berisi ijtihad dalam memahami apa yang memahami apa yang dimaksud dengan tanda asap. Ijtihad ini dilakukan bedasarkan ayat-ayat Al-Qur’an yang menunjukkan tanda-tanda hari Kiamat. Sebagai tambahan, sebagai disertakan sejumlah atsar ulama salaf yang menunjukkan sehunungan tanda ini dengan di jatuhkannya serpihan dari langit, kemudian di sempurnakan pula dengan sejumlah indikasi yang berkenaan dengan bahasan ini sevagai pelengkap dari pendahuluan keempat pada bahasan yang lalu tentang deskripsi tanda-tanda kemunculan Dajjal. Tentunya ijtihad kepastian. Penjelasan secara terperinci itu terdapat pada dua pokok pembicaraan berikut :

Allah Subhanahu Wata’ala berkalam
Maka tunggulah ketiaka langit membawa asap yang nyata. Yang meliputi manusia. Inilah siksa yang pedih. (Mereka berdo’a), “Wahai pemelihara kami, lenyapkanlah dari kami adzab itu. Sesungguhnya kami akan berman. “Bagaimanakah mereka dapat menerima peringatan, padahal telah datang kepada mereka seorang rasul yang memberi penjelasan. Kemudian mereka berpaling kepadanya dan berkata, “Dia adalah seorang yang menerima ajaran(dari orang lain) lagi pula seorang yang gila. “Sesungguhnya (kalau) kami akan melenyapkan siksaan itu sedikit dari kalian pasti akan kembali(ingkar).(Ad-Dukhan [44]: 10-15)

Penjelasan

1.     Kalam Allah Subhanahu Wata’ala kepada Nabi-Nya: “Maka Tunggulah....”, ini merupakan bahwa tanda ini pasti terjadi, tidak bisa tidak
2.     Dari ayat ini didapatkan kejelasan bahwa asap itu menyelimuti manusia. Penyelimutan itu mengandung sejumlah makna, diantaranya, diantaranya makna mendatangi, menutupi , dan ketakutan.(silahkan lihat Ibnu Manzhur: Lisan Al-‘Arab 15/126 dan sesudahnya)
3.     Penyifatan asap dengan siksa yang pedih itu merupakan petunjuk yang jelas, asap tersebut sebagai hukuman yang mengerikan yang menimpa manusia. Karena yang memberikan sifat siksa ini sebagai adzab yang pedih dan menyakitkan.
4.     Kalam Allah bahwa dia akan menghilangkan siksa itu sebentar mengisyaratkan peristiwa ini dekat waktunya dengan kiamat, yang merupa kan bencana besar. Inilah makna yang paling jelas yang di tunjukkan oleh ayat-ayat tersebut, yang menunjukkan asap sejati yang jelas, tidak diragukan lagi walau hanya dinyatakan oleh dua orang sekalipun itu adalah asap. Asap ini akan menerpa bumi dan menutupi pandangan manusia..Oleh karena itu orang-orang berdoa  dan berlindung kepada Allah agar Dia menghilangkan adzab itu dari mereka.



EmoticonEmoticon